Prajurit Lanal Dabo Singkep Gelar Latihan VBSS di Perairan Dabo

  • Redaksi
  • Selasa, 11 Juni 2024 18:31
  • 61 Lihat
  • TNI

TNI AL, Dabo Singkep, Media Budaya Indonesia.Com - Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) menggelar Latihan Pemantapan Visit Board Search and Seizure (VBSS) di Perairan Dabo, Selasa (11/6/2024).

Tim VBSS adalah sebuah tim kecil yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal. Ini merupakan komponen wajib TNI AL yang melekat pada setiap Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga keamanan dan kedaulatan di laut Indonesia. 

Ada beberapa materi yang harus dilatih oleh peserta latihan, antara lain mission planning, teknik memasang tangga dan memanjat ke geladak, teknik bergerak di geladak kapal, cara menghadapi terduga pelanggar hukum, serta landasan atau dasar hukum dalam melakukan VBSS.

Disela-sela kegiatan tersebut, Komandan Lanal Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA, M.Tr. Opsla., mengatakan "Latihan VBSS ini merupakan suatu hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan Prajurit Lanal Dabo Singkep di bidang operasi dan penegakan hukum di laut secara konsisten dan berkesinambungan," tuturnya.

"Latihan ini juga merupakan bagian dari pelatihan pengawakan RHIB, Sea Rider, Patkamla dan VBSS. Lanal Dabo Singkep terus memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalisme personel guna menangkal kejahatan maritim yang semakin kompleks sebagai dampak perkembangan teknologi dan globalisasi," ujar Danlanal DBS.

Usai kegiatan latihan, Danlanal Dabo Singkep pun memberikan motivasi kepada seluruh Prajurit Lanal Dabo Singkep agar terus meningkatkan kemampuannya, selalu siap jika sewaktu-waktu harus dikerahkan menghadapi situasi terburuk sebagai penindak awal terhadap berbagai pelanggaran hukum.

(Pen Lanal Dabo Singkep/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia.com.

Komentar

0 Komentar