Terlalu! Puskesmas Kertasemaya Buang Limbah Medis B3 Secara Sembarangan Ke Tepi Sungai

  • Senin, 09 Mei 2022 18:49
  • 11 Lihat
  • Hukum

INDRAMAYU | Budaya Indonesia - Warga masyarakat Desa Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu merasa resah karena oknum petugas Puskesmas Kertasemaya membuang Limbah medis B3 secara sembarangan tepat berada di tepi sungai dengan cara dibakar dan menghanyutkannya ke sungai. ( 9/5/2022 )

Berdasarkan informasi dari warga masyarakat Desa Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu pada Jumat, 29 April 2022. Bahwa petugas Puskesmas Kertasemaya seringkali membuang limbah Puskesmas ke tepi sungai dengan cara di bakar dan di hanyutkan ke sungai.

Kendati sudah mengetahui aturan larangan membuang limbah medis secara sembarangan. Rupanya masih ada oknum yang membuang limbah medis sembarangan yaitu dengan cara di bakar lalu di hanyutkan ke sungai.

Selanjutnya awak mediabudayaindonesia.com melakukan penyelusuran ke lokasi yang di duga menjadi tempat pembuangan limbah medis B3 Puskesmas Kertasemaya pada Sabtu, 30 April 2022.
Alhasil, Di temukan limbah medis B3 seperti Plastik obat, Sarung tangan, Kain Pembalut luka, Botol infusan, Botol Obat serta jarum suntik tercecer di tepi sungai dan semuanya sudah dalam kondisi tidak utuh atau bekas terbakar.

NI warga masyarakat Tulungagung yang seringkali mengetahui kejadian pembuangan limbah tersebut mengatakan 

" Saya seringkali melihat petugas Puskesmas Kertasemaya membuang limbah di tepi sungai, Lalu limbah di bakar dan di hanyutkan ke sungai.
Adapun waktu membuang limbah yakni pagi sekitar jam 07'30 sampai jam 9'00, Lalu bila malam hari sama yakni jam 07'30 sampai jam 09'00. Seperti waktu di jam pergantian tugas." Ungkapnya

NI juga menambahkan " Apakah seperti itu SOP tentang pengolahan limbah medis B3 Puskesmas ?." Pungkasnya 

Lalu pada Senin 9 Mei 2022, Awak mediabudayaindonesia.com mencoba mengkonfirmasi Kepala Puskesmas ( Kapus )Kertasemaya.

DRg. Vony Nursanti Kapus Kertasemaya mengatakan " Saya baru tau hal ini, Terima kasih atas informasinya.
Adapun saya akan memanggil seluruh petugas Puskesmas Kertasemaya untuk saya pertanyakan hal ini dan saya akan memberikan teguran kepada petugas yang membuang limbah secara sembarangan." Ucapnya
( Cp )

Komentar

0 Komentar