Presiden RI Tinjau Lokasi Pengungsian di RPTRA Rasela

  • Redaksi
  • Minggu, 05 Maret 2023 14:46
  • 4137 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara I Media Budaya Indonesia.Com - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo bersama Ibu Iriana, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau lokasi pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang berada di RPTRA Rasela, Jakarta Utara, Minggu (5/3). 

"Yang pertama, saya ingin mengucapkan belasungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini. Saya juga sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan Gubernur DKI Jakarta untuk segera mencari solusi dari kejadian di Plumpang," ungkap Joko Widodo. 

Ia juga menegaskan bahwa lokasi tersebut merupakan zona bahaya sehingga tidak bisa lagi ditinggali tapi harus ada solusinya. "Bisa saja deponya digeser atau penduduknya yang direlokasi. Saya kira nanti akan diputuskan oleh Pertamina dan Gubernur DKI. Semuanya memang zona-zona berbahaya tidak hanya disini saja, harus diaudit dan dievaluasi semua karena menyangkut nyawa," ujarnya. 

Menurut Presiden, keamanan dan keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama. "Segera diputuskan sehari atau dua hari ini sehingga solusi jadi jelas tapi memang zona ini harusnya zona air entah itu dibuat sungai, harus melindungi dari obyek vital yang kita miliki karena barang-barang didalamnya sangat berbahaya. Tidak boleh berdekatan dengan masyatakat apalagi pemukiman penduduk. Tanah merah itu kan padat dan penuh. Ini yang baru dibicarakan nanti akan ada pilihan, opsi-opsi jadi harus segera ditemukan solusinya," tegas Joko Widodo. 

Saat berkunjung ke tenda pengungsian, Joko Widodo memanfaatkannya untuk menyapa sekaligus bersilaturahmi dengan para pengungsi. Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut yaitu Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Asisten Pemerintahan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Iyan Sopian Hadi, Camat Koja, Ade Himawan, dan para Lurah se-Kecamatan Koja. 

"Saya tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan bapak Presiden dan Ibu Iriana. Kami semua yang mengungsi disini juga dikasih bingkisan, alhamdulillah. Selama berada di tempat pengungsian kebutuhan makan dan minum kami semua sangat tercukupi, terima kasih," ujar Dede (56), warga RT 03 RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan. (Ahmad)

Pemkot Jakut #Istana Negara #Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar